” Tips Mengatasi KEMBUNG / ASAM LAMBUNG “


42-18155590By : Secapramana

Gangguan pencernaan merupakan gejala penyakit yang paling kerap mengganggu  selama bertahun-tahun. Untuk menanggulanginya dokter menyarankan saya untuk menelan kaplet enzyme beberapa saat sebelum makan. Maka saya sediakan berbagai kaplet enzym model Enzyplex, Librozymataupun Vitazym.

Di samping itu di rumah saya sediakan obat-obat maag seperti Polysilane, baik tablet hisap maupun sirupnya. Obat-obat itu gunanya untuk mengatasikembung [/flatulensi/ ] yang dapat secara tiba-tiba menyerang tanpadiundang. Obat-obat racikan Cina juga tak kurang tersedia seperti jamuCap Kupu-Kupu, Cap Terwelu, Pat Po Les dan sebagainya.

Picture By :   http://lifestyle.okezone.com/images-data/content/2008/04/11/27/99587/KaoI5YByUx.jpg

Ternyata semua obat itu sifatnya hanya menghilangkan *gejala *[simptomatik] dan bukan menyembuhkan penyakit [kuratif].

Pernah ada saran dari kawan kepada penulis untuk mengatasi kembung dengan minum air panas yang ditetesi dengan minyak angin. Saat itu saya bertanya mengapa demikian? Jawabnya begini. Perut kembung itu sebenarnya adalah situasi lambung di mana cairan lambung membentuk gelembung-gelembung yang besar. Karena pemuaian gelembung tersebut maka lambung terasa keras dan sakit. Dan ini juga menyebabkan rasa mual.

Secara mekanis dengan masuknya air panas dengan tetesan minyak angin maka gelembung-gelembung tersebut menjadi pecah dan membentuk buih-buih yang lebih kecil. Akibatnya tekanan ke luar menjadi berkurang. Di samping itu gas tersebut lebih mudah didesak keluar: ke atas melalui sendawa atau ke bawah melalui saluran usus menjadi kentut.

Perubahan drastik terjadi setelah penulis membaca buku berjudul */The Myracle of Enzyme/*, karya Profesor Hiromi Shinya, MD. Beliau adalah Guru Besar Kedokteran Albert Einstein College of Medicine, AS.

Sejak kecil kita diajar oleh bapak atau ibu guru untuk mengunyah makanan sesering mungkin sampai puluhan kali sebelum menelannya. Tetapi kenyataannya tidak ada seorang gurupun yang memberitahukan para muridnya soal */mengapa/* harus demikian. Ya, mengapa makanan harus dikunyah dengan baik sebelum ditelan? Mungkin ada juga guru yang menjelaskan namun masuk telinga kiri keluar telinga kanan para muridnya. Mereka tidak /concern/ mengenai hal tersebut di saat usia mereka yang masih muda itu.

Saya melakukan penelitian kecil terhadap kebiasaan mengunyah orang-orang di sekitar penulis. Ternyata semuanya *tidak pernah* mengunyah lebih dari sepuluh kali kunyah sebelum menelan makanannya.
Hanya sekitar empat atau lima kali kunyah saja. Banyak pula yang perilaku makannya seperti mengisi bensin. Mengucur terus langsung dari mulut ke perut. Apalagi kalau sedang makan bubur atau sup.

Kemudian saya melakukan eksperimen dengan mengubah cara mengunyah makanan sehingga setiap suapan minimal dikunyah sebanyak tigapuluh kali. Maka perubahan besarpun kemudian terjadi. Sejak perilaku baru itu penulis hampir tidak pernah lagi mengalami flatulensi atau perut kembung. Segala obat maag dan enzyme yang banyak itu kini menjadi mubazir.

Saya mencoba merefleksi lebih lanjut mengenai soal kunyah mengunyah ini. Ingin mengetahui  mengapa orang kalau makan bubur malah menjadi kembung? Atau makan telur malah kembung. Ternyata kalau makan bubur orang tidak sempat atau terpikir untuk mengunyahnya. Untuk apa? Bukankah bubur itu sendiri sudah demikian lembeknya? Begitu pula kalau orang makan telur, mana ada yang menguramnya.

Selanjutnya saya berpikir mengapa mengunyah lebih kerap dan lebih lama mampu mengurangi kemungkinan kembung? Ternyata mengunyah lebih  lama itu bukan pertama-tama supaya makanan menjadi lebih lumat saja [bubur sudah lumat] melainkan untuk memberikan kesempatan bertambahnya
volume air liur ke dalam makanan tersebut. Ternyata dalam ludah manusia terdapat berbagai jenis enzyme seperti /lipase, lisozim/ dan /amylase/. Terdapat juga /mukosa/ dan berbagai /elektrolit /dan /bakterisida/ .
[cfr. Wikipedia, Air Liur].

Itulah sebabnya guru menyarankan para muridnya untuk menunda minum sesudah makan paling tidak setengah jam sesudah makan. Mengapa?  Supaya enzyme tidak menjadi terlalu encer saat akan  menguraikan tepung atau pati, lemak dan sebagainya dalam lambung. Penambahan obat enzyme tujuannya untuk mengentalkan dan melengkapkan jenis enzyme tersebut. Minum tentu saja beralasan supaya kerongkongan tidak tersumbat tetapi terlalu banyak minum bukan hanya memuluskan pipa tenggorokan tetapi juga berdampak pengenceran enzyme.

Mengapa minum Coca Cola saat perut kosong menyebabkan kembung?   Jelas  karena /carbonated drinks/ sengaja diberi gas dan berbentuk gelembung. Maka gelembung itu turut masuk ke dalam lambung dan menekan dinding lambung sehingga terjadilah flatulensi tersebut. Maka minum Coca Cola saat perut kosong harus dihindari. Minum Coca Cola sesudah makan juga membuat masalah masuknya gelembung-gelembung gas ke dalam lambung.

Kebanyakan antisida [obat maag] juga memperburuk keadaan, menurut Shinya, karena menghambat ekskresi getah lambung. Akibatnya zat bakterisida juga berkurang sehingga ada bakteri yang selamat dan lolos menuju ke usus sehingga menyebabkan diare.

Jadi mata rantai “kembung- minum antacid” hanya dapat diputuskan dengan cara mengunyah lebih kerap dan lebih lama. Begitu sederhana, serta bersifat kuratif dan sekaligus menghemat banyak pengeluaran untuk obat maag, obat enzyme dan biaya periksa ke dokter. Mengapa tidak mencobanya
bila anda juga kerap mengalami perut kembung?
[JS]

About these ads

312 thoughts on “” Tips Mengatasi KEMBUNG / ASAM LAMBUNG “

  1. bagus sekali informasinya pak yang bapak sampaikan tersebut sudah ada sejak abad ke 6 M , nabi muhamad menyuruh umatnya agar mengunyah makanan sebanyak 44 kali sebelum ditelan. Akan tetapi umatnya tidak tahu kenapa harus 44 kali ternyata setelah diteliti secara ilmiah mengunyah makan sebanyak 44 kali itu untuk kesehatan lambung kita.

  2. sip infonya…. mungkin ini pertanyaan bodoh.. mm.. kalau salah satu manfaat mengunyah lebih kerap dan lama (mis. sampai 44 kali) itu menambah volume air liur… yang nota bene air liur terdapat enzim bermanfaat… apakah dengan sering menelan ludah itu juga bisa ? (tanpa harus makan, enzim itu ada dalam ludah yang kita telan…)

  3. Alhamdulillah terima kasih byk atas infonya. Semoga anda mendapat pahala dan berkah dari ilmu yang anda sebarkan. Amin.

  4. Sangat masuk akal tips bapak,pasti langsung saya coba pak karena saya sudah menderita kembung atau hyperacidity puluhan tahun dan nggak pernah tuntas dengan obat2 apapun.Tuhan sudah menciptakan manusia dengan sangat sempurna,menciptakan alat pencernaan yg canggih dan dilengkapi AIR LIUR tapi manusia banyak yg tidak ngerti.sekali lagi terima kasih dan semoga Tuhan memberkati orang yg menolong orang lain dengan cara memberi tips kesehatan.amin

  5. thanks 4 your information, saya wanita umur 24 thun sdh menderita asam lmbung yg lumayan, dipncing sdkit sudah kumat

  6. thank’s atas infonya, sangat bermanfaat buat saya. kebetulan saya penderita lambung dengan asam lambung yg tinggi dan berulang kali menjalani rawat inap dan rawat jalan tp tidak ada perubahan. tapi dengan adanya info diatas saya akan mulai mencobanya…

  7. sangat mengagumkan saya. Ternyata selama ini sayapun telah mlupakan ilmu yang pernah di ajarkan guru saya kalo makan kunyahlah berulang ulang. Trims atas infonya. Smoga saya dapat mengaplikasikan ilmu ini utk ksehatn lambung saya.

  8. Terima kasih atas informasinya, ini sangat bermanfaat bagi saya karena saya sering kali tidak mengunyah makanan yang saya makan dengan benar pada saat saya makan.

  9. Alhamdulillah ternyata tipsnya mudah untuk di coba. Maklum saya memang penderita gas asam lambung tinggi. kesel juga terlalu bnyak num obat2an. Semoga Allah membalas kebaikan bapak yg udah ikhlas membagi ilmunya. Amin…

  10. ass.subhanallah ternyata saya baru sadar bahwa pola makan saya selama ini salah.terimakasih banyak buat sarannya.wass

  11. terima kasih, kayanya tipnya yang paling masuk akal. senang sekali bisa baca informasi anda yang tentu sangat berguna. Saya mau coba. mudah mudahan bisa disiplin dan keluar dari masyalah yang terus menggangu.
    kalau masih ada information mengenai penyakit lain bagi bagi ya. sekali lagi terima kasih.

  12. trima kasih tipsnya, saya akan berusaha untuk mengunyah makanan sampek halus dan minum coca cola akan saya hindari….. yang jadi pertanyaan saya, apakah kalo sudah kena asam labung gini bisa sembuh yah?…….., padahal dulu yang gak pengaruh dengan apa yang saya makan dan minum…, mohon sarannya pak ….. makasih….

  13. artikel yang bagus.karena sy juga terkena pnykt maag.semoga saran dari bpk pas untuk saya.permisi.

  14. Saya di diagnosa GERD sebulan yg lalu…dan salah satu terapi yg harus dilakukan adalah makan perlahan.
    Trims dgn artikelnya, saya jadi faham, mengapa saya harus makan perlahan.
    Semoga bapak selalu berada dalam kesehatan dan kebaikan.

  15. bagus sangat sarannya. kebetulan kaka saya juga didiagnosa penyakit GERD jg, dan sdh byk minum obat tp blm ada hasil sampai skrg…dan saran dr bpk sangat masuk akal dan patut untuk dicoba..trima kasih u/ sarannya =)

  16. tks banyak ya pak atas infonya sangat bermanfaat terutama bagi saya pak yang saat ini lagi mencari sebnyak2nya pengetahuan tentang GERD dan gangguan asamlambung tinggi. yang meneyabkan saya strees atau stress yang menyebabkan asam lambung tinggi dan setealh sakit saya jadi tambah stress lagi …Kalau ada infoemasi lain nya dengan senang hati saya menerimanya….terima kasih banyak Jajakulloh khairan katsiroh

  17. alhamdulilah dapet pencerahan disini soal asam lambung..terima kasih pak atas informasinya…di tunggu tips selanjutnya..

  18. ternyata kita sering melupakan hal-hal yang kita anggap sepele padahal manfaatnya besar sekali, terima kasih u/ bapak atas informasinya….

  19. Bang monang… trims sekali, artikel anda sangat luas dan kuar biasa. kebetulan saya pun kena asam lambung dan saya yakin lebih separoh orang indonesia juga akan bernasib sama baik yang belum apalagi yang sudah…. hehehe. artikel anda sangat kontras mengisyaratkan sebongkah kerikil yang sederhana tapi mematikan. saya berharap artikel seperti ini harus terus hidup di website ini dan harus permanen karena sangat banyak orang yang membutuhkan. anda sangat bijaksana dan semoga Tuhan terus menambahnya.

    hormat saya
    jeff

  20. terima kasih sekali infonya.
    ini info yang selama ini saya cari,
    cara sederhana
    tidak banyak biaya
    dan praktis
    ternyata obatnya ada di dalam tubuh kita sendiri.
    sekali lagi terima kasih

  21. he-he,,,terimakasih infonya, saya akan coba,moga berhasil mengatasi serangan asam lambung yang sering datang

  22. Terima Kasih banyak, mungkin ini jadi solusinya. Amin. Semoga Tuhan menyembuhkan penyakit ini dan kita sehat semua. Amin.

  23. Terimakasih atas artikelnya karena saya sudah agak lama kena asam lambung. Betul……..betul………betul saya nek makan memang hanya 5X mengunyah. Saya akan mencoba semoga Allah kasih kesembuhan pada saya.

  24. tapi sebenernya penyakit kelebihan asam lambung bisa disembuhkan ga sih, saya sudah menderita asam lambung semenjak 2002, kalau yg anda sarankan hanya untuk mencegah datangnya asam lambung yg berlebihan trim

  25. ajiibbb…praktek ah..mudah2an kembung mengembung berhenti setelah praktekin nih elmu…
    makasih ya boss…

  26. trmk pak saya segera mencoba, krn dah sampai ke kuala lumpur saya berobat tidak sembuh juga,

  27. sebagai orang yang terkena asam lambung, artikel bapak sungguh sangat bermangfaat. insya allah akan saya coba untuk mengunyah makanan minimal 20x kunyah.

  28. Sungguh mrupakan tips yg sangat merakyat, palleng gampang dilakukan namun punya sgudang manfaat! Trmks,

  29. thankz………banget ya pak atas artikelnya. aku di vonis dokter trekena asam lambung..suer..setres banget cos sangat menyiksa apalagi aku anak kots an yang jauh dari perhatian ortu. aku janji akan melakukan apa yang bapak sarankan.. cos aku janji sama diriku sendiri aku harus sembuh…

  30. wah….seperti cara makannya Nabi Muhammad….Cara makan yang dilakukan Rasulullah SAW ternyata sangat sesuai dengan anjuran kesehatan, agar kita mengunyah makanan sampai sekitar 32 kali, sehingga makanan yang kita makan sampai di usus besar dapat dicernakkan dengan mudah, dan kemudian diserap di usus halus dengan mudah pula. Tugas usus akan sangat terbantu oleh cara makan yang tenang, tumakninah, tidak tergesa-gesa, dan dengan tempo yang sedang. Kita akan menikmati lezatnya makanan yang kita makan dengan cara makan yang demikian. Dan dengan demikian, rasa syukur akan muncul ketika kita makan, di samping memulai makan dengan basmallah dan mengakhirinya dengan hamdallah.

    Nabi pernah mencegah kita makan ikan bersama susu. Kerana akan cepat mendapat penyakit. Ini terbukti oleh ilmuwan yang menemukan bahwa dalam daging ayam mengandung ion+ sedangkan dalam ikan mengandung ion-, jika dalam makanan kita ayam bercampur dengan ikan maka akan terjadi reaksi biokimia yang akan dapat merosak usus kita.

    Nabi juga mengajar kita makan dengan tangan dan bila habis hendaklah menjilat jari. Begitu juga ahli saintis telah menemukan bahwa enzyme banyak terkandung di celah jari jari, yaitu 10 kali ganda terdapat dalam air liur. (enzyme sejenis alat percerna makanan) Wassalam…

  31. Terimakasih banyak. infonya sangat sangat sangat bermanfaat untuk saya,..tadi malam habis makan nasi goreng saya kembung lagi,..ngga tidur semalaman,..hal ini sering terjadi hampir tiap minggu,..makan apapun kembung.

    tips di atas akan saya jalani, mudah2an bisa sembuh.
    saya jadi teringat buku karangan ‘Jos Usin’ agar sering sering menelan air liur untuk kesehatan,.

    terimakasih sekali lagi.
    salam.

  32. saya jg mempunyai penyakit kembung..stiap habis makan saya selalu merasakn perih dilambung saya,,tp bila saya telat makan pun perut saya terasa kembung..apah betul lambung saya sudah kronis,,? lalu bagaimana saya mengatasinya,,? saya ingin sembuh,,tolong bantu saya..terimakasih…

  33. trims, atas informasinya saya uda 2 tahun mempunyai masalah dengan asam lambung berlebih…..setelah membaca tulisan anda saya berpikir emang selama ini klu makan ngunyanya sedikit sekali biasa nya langsung telan…. trim,s

  34. Saya hbs dirawat krn GERD,tp msh blm sembuh n msh hrs minum obat dr dokter,trimakasih infonya n sy akan coba,wl tentu g mdh merubah kbiasaan yg terlanjur terpola sjk kecil ya..,tp dg niat mg2 sj sy bisa

  35. Wlo tmsuk org yg serg kmbung tp ini parah,sdah hampir 5hri ak kembung tiap hari, pdahal sudah kdokter dn minum obat2 maagh. sy brpkir lg,ap sbnerny yg salah..lalu sy bc tips dr anda Pak, ktemulah jwbanya. Mgkn it yg tdak sy lakukan,karna sy tdk pnah tlat makan. Sya akn mencobany mulai saat ini..smga ad perubhan nantinya. Dn sy tdak akn serg tersiksa lg dg pert kembung.

  36. Terima kasih atas nasehatnya. Memang dari dulu hal ini pernah kita denger cuma kita sering menyepelekannya. Dan sekali lagi terima kasih.

  37. bang…begini orang tua saya mengalami gangguan asam lambung…setiap 6jam sekali dia memuntahkan sesuatu yg berbentuk cairan dari dalam perutnya… namun orgtua saya juga mempunyai sakit diabbetes melittus, darah tinggi juga kolestrol….. jadi saya minta bantuan abang gmana cara pengobatan yg bisa dilakkukan….
    kirim melalui email saya…
    Trim’s

  38. saya udah sebulan mengalami asam lambung, dan berbagai obat sudah dicoba namun tetap aja kembung, ternyata sangat simple penanganannya,

    terima kasih sarannya,……

    sekarang saya akan mencoba untuk mengunyah lebih banyak lagi…….!!!!!!!!!!

  39. Thx banget,…..asam lambung saya sangat tinggi dan diberi obat2 yg relatif mahal selama 3 bulan….
    Saya akan mencoba resep tersebut dan jgn lupa minum jus kentang juga karena teman saya sembuh karena mengkonsumsi jus kentang setiap hari.

    Salam – Lilik

  40. wah,, baik sekali infonya…saya terbiasa makan dan minum bebarengan.. kebetulan ibu lagi sakit dan sering mengalami hal demikian,,sangat bermanfaat, trims

  41. saya baru sebulan menderita asam lambung tinggi, sunngguh sangat menyiksa…….namun aku coba pake medical oil untuk di oles di dada dan perut, dan 2 tetes campur air hangat lalu di minum atau jamu corokan apabila sedang kumat -kumatnya…..

  42. trimkasih atas info bapak yang sangat berguna ini, apakah penyakit asam lambung ini bisa disembuhkan secara permanen, dan apa efeknya bagi kita kalo kita menderitanya dalm waktu yang lama, trimkasih pak

  43. Trims kpd P’Monang y tlah bsedia berbagi pengetahuan ini. Araian artikel ini menyadarkn bhw mkunyah mknn >=30 kali sngt lebih baik apalagi y sdg alami flatulensi .. Sy kan coba.

  44. terima asih artikelnya pak., saya anak kost juga, jauh dari orng tua,. prut gembung susah x,. tapi klo di lengkapi dengan demam ya?

  45. Benar…..karena kalau stress, otak memproses sehingga organ tubuh menghasilkan zat kimia tertentu, dimana zat itu juga merangsang perut kita…demikian Mahdi…

  46. 143 org yg memberi koment.dtambh lg yg tdk memberi koment.it membuktikn btapa bnyakx pengalaman kena masalah perut nih.wah..bgt pentingx menjg ksht.islam memang mengajarkn bgmana hdup sehat jg. thank pak ats infox.by cyberdin.blogspot.com

  47. pak, saya ingin brtnya!!!!! klau asam lambung_a naik mka jantung_a berdebar2 dgn cepat, soal_a saya sprti itu???? tlong d jwb & sblom_a trima ksih………..

  48. Subhanallah, terimakasih pak atas infonya. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Akan saya coba, saya emang lagi ada masalah lambung ni. JAdi Teringat kata guru2 saya jadinya. Mengunyah yang lama dan berhenti sejenak setelah makan, tidak langsung minum. Kalo tidak salah dengar juga ada nasehat minum air sedikit sebelum makan :-) tentu berdoa juga hehe dan tidak boleh dengan tidur dan setelah makan tidak boleh langsung tidur, tapi beraktifitas sejenak. Apa lagi ya? Lupa-lupa ingat hehehe

  49. terima kasih pak atas infonya …kebetulan anak sy lg menderita asam lambg yg berlbh dan suami sering mengalami….sukron jzk

  50. jazakilla khairan,trims infonya,dua bulan lalu saya dinyatakan gerd,obatnya terlalu banyak buat saya,sampe skr tetep aja,sering kumat,tp artikel ini menenangkan saya.

  51. Wah, dapet tips bagus, akan saya coba! Mungkin satu lagi ya, hindari stress karena itu juga pemicu naiknya kadar asam lambung.

  52. Terima kasih buat info-nya bapak. skarang saya tahu kenapa kedua anak saya sering sekali perut kembung. ternyata karena mereka doyan skali makan bubur, dan malas mengunyah. God bless

  53. terima kasih pak ! akan saya coba semua tipsnya
    karena saya juga hampir 2 bulanan mengalami asam lambung dan tak kunjung reda

  54. terimakasih beribu terimakasih atas infonya, saya sdh lama menderita asam lambung, akan saya coba dengan mengunyah yang lama pd saat makan. Semoga bermanfaat bagi kesehatan kita semua, sekali lagi sy haturkan terimakasih utk A.M. Damanik

  55. mksh artikelnya.. Udh hampir sebulan ini saya kena maag sehingga mengganggu pekerjaan n bhkn diberhentikan krn absensi saya menurun. Saya pgn cpt smbh biar bisa cari kerja lg.. Yg ingin saya tanya terkadang kl asam lambung saya kumat kq dada (tengah) ada rasa seperti semutan n nafas ditenggorolan agak terhambt. Kl sdh bgt saya stres n panik jd menyebabkan keringat dingin. Apa bnr itu tanda-tanda asam lambung..?

  56. Terima kasih pak atas sarannya, kebetulan saya sering mengalami perut kembung rasanya sampai naik mendekati dada. Namun akan saya coba walau mungkin agak sulit ya pak krn sdh trbiasa kalau makan saya mengunyah memang cepat2 apalagi sedang terburu-buru. Tapi bgm mengatasi bila timbul rasa eneg krn makanan trlalu lama di dalam mulut ya pak?

  57. Selain dari mengunyah 40 x hds nabi yg pernah saya dengar,jgn lupa konsep pembersihan melalui al qur an (utk org islam) 1. infaq 2.zakat 3.ucapkan bismillah saat nyantap mkanan kenapa hrs didahului 1,2,dan 3 diatas, 1.infaq ,pembersih darah dr esensinya ,esensi itu menjdi cikal bakal sesuatu/mulekul yg kuat,dan istimewa lagi kalo kita infaq insya Allah jauh dari gangguan setan (pikiran buruk ) 2.zakat, bersih dr kotoran lahir/fisik dan batin/fisikis,akan selalu fositif thinking namanya sj zakat=besih/sehat, 3.bismillah, ucapkan bismillah sblm mkan,kenapa? krn makanan yg kt makan bukan ciptaan bapak moyang kt, jg bkn tumbuh sendiri, Allah swt yg menciptakannya, menggerakkan semuanya, olh sbb itu kt dianjurkan bc bismillah sblm mkn,slmt mencoba …..

  58. terima kasih atas infonya…saat ini saya lagi nyesek terus ….udah minum segala macam obat tapi kembung datang mulu… …insya allah saya akan coba semoga menjadi sehat . amin

  59. Seneng nich..dapat infonya…kebetulan saya sering kembung..karna makan sering terburu-buru…akan segera saya coba…trimk.

  60. barang sapa yg menghidupkan 1 sunnah saja di ahkir zaman ini berarti dia cinta pada Rosullulloh barang sapa cintah Rosullulloh berarti dia Hamba Alloh yg taat.amin.selamat.

  61. Thanks atas informaSI bang aq kena asam lambung sdh cukup lama dulu aq suku sekali makan yg asam2 sperti asamjawa,minum kratindeng akibatnya skarang aq kena skt lambung saran abang utk banyak mengunyah makanan akan aq lakukan

  62. pak saya punya asam lambung tinggi klu uda kumat saya sering ketakutan trus berpikirnya aneh2….apa emng asam lambung bs buat kita seperti yg saya bilang td ya pak…mohon d bantu untuk menanggulangi penyakit saya ini…terima kasih

  63. pak, saya mau tanya saya sdh 3 bulan sakit di perut terkadand celekit celkit di perut kiri dan kanan. saya sempat di rawat di Rs. sakit terkena tpyus. dan sekarang saya kembung terus. di bilang GERD dan asam lambung tinggi. sampai sekarang saya masih badan terasa dingin tapi suhu badan normal, apakah pengaruh dari perut atau apa ya pak, terus cek darah lagi typus sdh g ada. tolong infonya atau no telponya…saya mau sharing….boleh g…?

  64. trima ksh buanyk2 pak atas artkelnya, semoga secara perlahan sy bs merubah cara mengunyah makanan saya. Agak sulit memang utk merubah kebiasaan yang sudah berjalan lama. Insya Allah sy coba sampai bisa, dan akan sy beritahukan orang yg sy kenal semoga akan menjadi amal yg gk henti2nya bagi pak Damanik dalam memberikan ilmu yg bermnfaat. 1x lg sy akan praktekan untuk kesembuhan lambung sy yg hampir 6thn sy alami. Dan akan sy beritahukan tmn, utk mencegah peny kelebihan asam lambung,

  65. Hello,
    warm greetings from Yogyakarta

    Saya ingin tanya,
    tadi disebutkan tentang menunda minum at least setengah jam setelah makan, sedangkan di banyak informasi kesehatan lainnya kita disarankan minum secukupnya (2.5 liter per hari).

    Saya sendiri adalah jenis orang yang menepati kuantitas minum, nah… Bagaimana cara agar minum itu tidak mengganggu enzym (agar tidak encer) sedangkan terkadang setelah makan kita merasa haus atau kerongkongan terasa kering? Apakah tetap harus menunggu setengah jam? Jika boleh minum dalam waktu setengah jam itu, berapa kuantitas air yang sebaiknya boleh diminum?

    Mohon informasinya
    (kalau bisa jawabannya di-publish di sini dan dikirimkan ke e-mail saya untuk dokumentasi)

    Terima kasih.

    Best,

    I Gede Arya Pardita

  66. hallo pak
    nama saya samsul bahri umur 32 tahun. saya mengalami sakit lambung yang berkepanjangan.yang sering saya rasakan sebagai keluhan adalah:
    1.habis makan saya merasakan panas di perut bagian kiri.
    2. sering merasa begah
    3. buang air tidak teratur pada pagi hari (bisa 3 kali berturut2)
    4. pernah juga kotoran saya bercampur darah, tapi sudah saya obati ke dokter dan sembuh. tapi yang lainnya belum.
    5. setelah buang air besar saya merasakan ada sesuatu yang aneh di dubur saya, rasa seperti di gelitik.
    saya mohon bapak dapat memberikan solusinya.apa obat yang harus saya minum, apa yang harus saya lakukan.
    tolong pak yang saya rasakan ini sudah bertahun2.
    mohon maaf dan terima kasih sekali atas bantuan bapak.
    kalau bisa jawaban untuk saya dipublikasikan disini pak atau ke email saya.
    terima kasih pak

    hormat dan takzim saya
    syamsul bahri

  67. Alhamdulillah saya mnemukan situs ini,krn td pgi prut sya trsa kmbung lalu sya googling bwt mncari obatnya n mnmukan situs ini. Lalu stlh mncoba mlakukan apa yg d sarankan bpk.Monang yaitu mngunyah dlu(40x) sblm mnelan mkanan,plhn” kmbung d prut sya mlai trsa baikan n alhamdulillah skrg sdh tdk kmbung lgi.Trims y pak..

  68. Dari sini sya dpt mngmbil pljaran,bhw fungsi mngunyah mkanan sprti yg udh d anjurkan tjuannya adalah untuk mnghasilkan air liur yg bnyk agar sari” mkanan bisa mudah d cerna tbuh n mncegah tbntuknya gas bhkan mnghncurkan n mnekan gas kluar mlalui sendawa..Skali trimaksih bwt infonya..Mdh”an Allah mmbalas kbaikan bpk..

  69. Kami ada ramuan alam yg dapat menyembuhkan segala macam penyakit seperti gagal ginjal,jantung,stroke,aids,miom,asma,keputihan,maag,ambeyen,kanker,diabetes,hipertensi,leukimia dsb secara alami,tanpa operasi,tanpa bahan pengawet dan biaya menyesuaikan kemampuan,info lebih lanjut 08128448627 dan 08121033414

  70. wow…
    pengalaman adalah obat yang paling mujarab.
    saya akan coba, mudah-mudahan penyakit asam lambung saya berkurang bahkan sembuh total. maksih byk bapak monang.. Gb

  71. Artikel Bapak bagus……sekali.mudah2an semua yg punya asam lambung bisa sembuh dg tidak ketergantungan obat.saya sudah 5tahun menahan gelembung dalam perut ini.hampir putus asa klo udah glegean terus menerus.trima kasih ya pak .akan saya sebarkan ke semua orang artikel bapak ini.

  72. saran dari seorang temen ia menderita asam lambung selama 9 tahun,lalu ia disuruh makan cacing yg amat besar warna kemerahan,lalu dibersihkan dan dipanggang dan lalu makan,untuk yg takut dan zizik masukkan ia kedalam pil tablet tidak berselang lama asam lambungnya sembuh,
    gejala 2 asam lambung :
    1.perut perih
    2.resah,takut gelisah,dan faktor 2 kejiwaan lainnya

  73. Trima kasih sekali infonya Pak”
    sebenarnya ga’ada masalah dgn lambung saya.krna aku kasihan melihat Ibu saya yg sdh puluhan tahun mndirita penyakit bagian lambung”awal2 tdk diketahui krn dianggp cuma msk angin biasa,dan lama2 mkn prh,cm brfikir bhwa itu gejala maah.stlh priksa kedokter spesialis rupanya Ibu mngidp pnyakit asam lambung.
    akan saya smpaikan ke Ibu tips dr Bapak ini dan juga tmn2 ku yg sll mngeluh masuk angin.yg psti saya jg mau mncoba’
    smoga brmanfa’at bg smua.
    skli lg
    trima kasih”

  74. Tks.gan atas info mdh2an ini di ridhoi sm allah utk kesembuhan penykt sy ini dann smua yg menderita..karna ini sangt bermanfaat.

  75. kalo boleh tahu Pak Damanik apakah saya penyakit asam lambung? perut saya terasa kembung, sering sendawa tak seperti biasanya, setiap hari BAB tapi keras, ada terasa nyeri sebelah kanan di bawah tulang rusuk bagian dada depan, kalau saya duduk ada yang tertekan di perut dan dada sebelah kanan bawah tulang rusuk.

    Nah, obat yang kata Bapak Damanik air panas dengan minyak angin bagaimana caranya, n minyak angin merek apa dibuat ?
    Trims, Petrus Situmorang.

  76. Horas Bapak Damanik, apakah saya penyakit asam lambung ?
    Gejala2 yang saya alami selama ini =
    – Perut terasa kembung dan menekan
    – Ada rasa tertekan dan sakit yang mendadak di bagian hati
    – Sesak napas yang terkadang datang dan sembuh dan batuk yang
    datang tiba2 membuat suara serak
    – Kalau duduk seperti ada yang nekan di hati bagian kanan, jadi biar
    jangan menekan saya duduk secara tegap.
    – Buang Air Besar kerap kali setiap pagi tetapi keras.

    Cara penanganan yang bapak bilang diatas, dengan cara air panas dan minyak angin beberapa tetes, apakah itu bisa dan minyak angin merek apa dan berapa tetes dibuat dalam satu gelas.
    Terima Kasih kepada Bapak Damanik, semoga dapat membantu saya.

    Syaloom,
    Petrus.

  77. terima kasih atas artikel ini…artikel ini sangat membantu dalam hal menjaga kesehatan terumatama yang berhubungan dengan lambung..

    G blessss Y

    Aloysio

  78. Halo Pak Damanik,

    Sudah 3 hari ini saya merasa mual-mual, perut kadang terasa sakit kemudian sara sakit itu hikang dan muncul lagi. Saya baru ingat klo beberapa hari yang lalu perut saya kosong (blum makan apa2) kemudian saya meminum minuman ringan teh yang bersoda, beberapa jam kemudian perut ini terasa seperti di kocok-kocok, saya pikir itulah penyebab yang saya rasakan sekarang, apa benar pak?

  79. makasih buwanyak sodara… saya dalam masa penyembuhan ini… mungkin air kelapa juga membantu percepatan penyembuhan… sekali lagi makasih…

  80. wah thx banget infonya. Beberapa bulan ini saya juga mengalami gejala2 seperti sendawa,buang angin, yg ga wajar alias berlebih. Sehari bisa 100x Saya kadang juga merasakan ada sedikit sakit di lambung saya. moga2 bisa berhasil setelah kunyah2, btw gimana kalo mengunyah permen karet utk hasilkan air liur banyak dalam proses pembentukan enzim?

  81. asam lambung saya sekarang lagi kumat nih… saya mau coba terapi air panas yg ditetesin minyak kayu putih. Untuk satu gelas kira-kira berapa tetes ya? Terimakasih :)

  82. Thank’s Infox pak muda2han bermanfaat buat sy dan bisa sembuh seperti bapak. Sekali lagi terima kasih saran dan infonya

  83. makasih infonya pak…. Saya memang bermasalah dengan asam lambung. saya sering sekali merasakan kembung dalam keseharian dan tidak bisa lepasa dari minyak kayu putih…
    mudah2an dengan ini saya terbebas dari kembung dan asam lambung.

  84. terima kasih infonya pak saya tambah stress dgn asam lambung saya saya akan coba insya allah saya akan sembuh macam bapak

  85. Makasih Pak
    Setelah 2 hari saya menjalani apa yg bpk anjurkan sangat terasa perubahan pada perut saya, skrg perut saya jadi lapang, tapi rahang saya kaku karena banyak ngunyah. he he he
    tips yg bpk berikan lebih mujarab dari obat yg selama ini saya pakai

    sekali lagi

    tengkyu perimask

  86. Saya termasuk orang Ɣªήğ jarang sekali bermasalah dengan maag saya walaupun saya sering sekali tidak mengikuti pola dan waktu makan Ɣªήğ baik, dan saya bersukur ϋπτϋќ itu.
    Dan baru kali ini saya merasakan lambung kembung Ɣªήğ membuat sangat tidak nyaman. Dan pertanyaan saya, apakah benar minum air hangat dicampur minyak angin dapat mengurangi/menyembuhkan lambung kembung saya, karena saya belum berani ϋπτϋќ mencobanya.
    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.

  87. Saya senang sekali membaca artikel anda..karena saya sering mengalami perut kembung,mual dan nyeri sekali rasanya,saya pikir mungkin karena jam makan saya yang ga teratur dan saya selalau terburu buru waktu makan..jadi..mengunyahnya asal saja…mungkin harus saya coba dengan mengunyah lebih lama..
    terima kasih banyak…

  88. Horas pakk,,,
    saya juga penderita asam lambung. da banyak obat yang sudah dicoba., menderita sekali klo lagi kumat,, malam hari suka terbangun klo lagi kumat n gag bisa tidur lagi,,
    makasih ya pak,, saya akan coba infonya.

  89. Kalo ngunyah makanan 33x mah udah diajarin Nabi Muhammad 1400 tahun yang lalu. Dan itulah hebatnya Islam yg tidak pernah mau diakui ajarannya oleh kepercayaan lain

  90. Alhamdulillah , sy akan coba semoga tips yg diberikan dapat menjadi obat penawar mujarab yang إِنْ شَاءَ اللّهُ اللّه menyembuhkan asam lambung yg meningkat /kembung yg sy rasakan juga saudara2 yg mencoba nya…آمِّيْنَ يَا رَبَّ الْعَالَمِيْ , dan semoga yg men sharing tips ini selalu dalam keberkahan…jazakallah…

  91. Minta info dan saran,
    apakah seseorg menderita asam lambung yg tinggi dpt menyebabkan bau mulut?
    Bgmn cara menghilangkan asam lambung yg tiba2 dtg?
    Trims.

  92. ​​اَلْحَمْدُلِلّه,trimakasih pak artikelnya.sy slh 1 org yg pernah masuk ugd gara2 asam lambung naik.​اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ akan sy coba terapkan saran bpk ini

  93. Thanks infox. Saya juga jago sekali dlm hal perut kembung, dan setelah baca artikel ini saya jd sadar akan kebiasaan saya mengunyah makanan yg kurang lama (dlm hal makan saya terkenal plg cepet)

  94. Knapa ya..sring skali sy ngludah tiap menitnya.klw di telan mual..apalagi dr mkn biscuit..permen.gimana obatnya.sperti org ngidam.makasih

  95. اَلْحَمْدُلِلّهِ .
    Terimakasih atas infonya, semoga bermanfaat untuk muslimin dan muslimAt.
    آمِيّنْ… آمِيّنْ…. آمِيّنْ.. يَ رَ بَّلْ عَلَمِيّن

  96. Wah bermanfaat bgt tips nya,,, mengingat bnyk skali org yg mengalami masalah pncernaan,,, akan saya terapkan mulai skrg,,, karna bulan kemarin saja harus sampai dua kali d rawat d rumah sakit yg berbeda tapi gada hasil nya,,, terima kasih ya pak,,,

  97. Saya terimakasih sekali atas segala INFO dari anda. . . Saya akan mencoba nya juga mudah-mudahan berhasil dan menyembuhkan. . . Rahmat ALLAH S.W.T atas Nabi Muhammad S.A.W Yg saya Cintai dan Kagumi memang segala saran serta sunah2 nya ialah benar. . . Dan menyelamatkan umat nya. I LOVE NABI MUHAMMAD S.A.W FOREVER.

  98. Terimakasih Bang Monang. Info yang sangat berguna bagi saya … Makan saya sering terburu2 memang….

  99. Masuk akal.

    Saya pnh baca artikel riwayat Nabi Muhammad perihal banyaklah menguyah makanan di dlm mulut & mirip dg artikel ini.
    Tidak ada salah nya kita mencoba, toh kesehatan itu kita jg yg merasakan.

    Semoga ALLAH memberi kesehatan yg berlimpah kepada kita.

  100. Subhanallahh….sukron Чă pak atas sarannya,insya اَللّهُ akan saya coba,smg ϊηϊ bermanfaat untuk semua nya, khususnya bagi penderita maagh akut Чάπƍ belum kunjung sembuh….

  101. trims infonya pak…… sudah lama saya mendengar tentang mengunyah sesering mungkin mulai dari sunnah rasulullah, saran dokter sampai pesan dari nenek moyang, he..he……….. tapi baru kali ini saya ngerti kenapa mesti mengunyah lebih sering, ternyata bukan agar makanan itu lebih halus akan tetapi agar ludah yang mengandung enzim bermanfaat diberi kesempatan untuk bercampur dengan makanan yang dikunyah…….. subhanallah bukti kebenaran rasulullah dengan ajaran yang dibawanya semakin terkuak!!!

  102. trims infonya pak…… sudah lama saya mendengar tentang mengunyah sesering mungkin mulai dari sunnah rasulullah, saran dokter sampai pesan dari nenek moyang, he..he……….. tapi baru kali ini saya ngerti kenapa mesti mengunyah lebih sering, ternyata bukan agar makanan itu lebih halus akan tetapi agar ludah yang mengandung enzim bermanfaat diberi kesempatan untuk bercampur dengan makanan yang dikunyah…….. subhanallah bukti kebenaran rasulullah dengan ajaran yang dibawanya semakin terkuak!!!

  103. horras bang.terima kasih banyak atas info abang.aku udah pening kali d buat asam lambung yg melanda suamiku.apa asam lambung juga bisa membuat oyong.seperti vertigo?????

  104. Makasih banget Infonya, sy jg sdh 5 bulan terkena asam lambung/maag. Sdh berpuluh2 kali ke dokter & obat herbal tp blm ada perubahan, insya Allah akan sy coba, mudah2an bermanfaat… Amin…!

  105. Wah segampang thu ya obatny
    Padahal saya saya sudah capek
    Ngobatin asam lambung saya
    Thank’s; ya pa infony…..

  106. Terima kasih atas info nya…sgt2 berguna dan bagi yg dapat penyakit maag harus di praktekan semoga sembuh dn sehat selalu..

  107. Terima kasih atas info nya…sgt2 berguna dan bagi yg dapat penyakit maag harus di praktekan semoga sembuh dn sehat selalu..

  108. Terima kasih atas info nya…sgt2 berguna dan bagi yg dapat penyakit maag harus di praktekan semoga sembuh dn sehat selalu..

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s