” Tugas Pokok Kepala Sekolah “



Tugas pokok Kepala Sekolah ini diuraikan dalam dua bagian besar yaitu  1) Prosedur Standar Operasi  ( Standard Operation Procedure ) Tugas Kepala Sekolah.  2) Proses dan Pendekatan Interpersonal  dalam Menjalankan Tugas Sebagai Kepala Sekolah.

I.  Prosedur Standar Operasi (Standard Operation Procedure ) Kepala Sekolah .

Kepala Sekolah sebagai pimpina tertingi di dalam suatu sekolah mempunyai tugas yang kompleks dan dan sangat menentukan maju mundurnya suatu sekolah.  Tugas Kepala Sekolah yang kompleks tersebut,  tidak dapat dirumuskan seluruhnya kedalam suatu prosedur tugas  Kepala Sekolah.  Meski pun demikian, standar minimal prosedur tugas Kepala Sekolah dapat digolongkan menjadi tujuh pokok sebagai berikut:

  1. Kepala Sekolah Sebagai Pendidik (Edukator).
  2. Kepala Sekolah Sebagai Manajer.
  3. Kepala Sekolah Sebagai Administrator.
  4. Kepala Sekolah Sebagai Supervisor (Penyelia).
  5. Kepala Sekolah Sebagai Leader (Pemimpin).
  6. Kepala Sekolah Sebagai  Inovator.
  7. Kepala Sekolah sebagai Motivator.

Baca selanjutnya……………..

About these ads

39 thoughts on “” Tugas Pokok Kepala Sekolah “

  1. Untuk Fikri, terima kasih sudah berkunjung ke Blog saya. Sebelum mengatakan orang lain salah kita koreksi dulu ke diri kita sendiri. Anda mengatakan kosong…setelah saya cek kembali link tersebut tidak ada masalah. Saya usahakan akan kirim file tersebut melalui e-mail Anda. Terima kasih….

  2. Pak Boleh minta filenya.
    Boleh tanya Pak, bagaimana proses seleksi untuk mencari kepala sekolah yang bisa menerapkan hal-hal seperti yang di tuliskan di atas?
    terima kasih.

  3. Untuk seleksinya…..sebelum seseorang diangkat sebagai kepala sekolah tentu harus melalui prosedur, paing tidak ia pernah menajdi wakil kepala sekolah. Selama ia menjadi guru, pembina osis, atau pembina pramuka, kemuadian menjadi wakil kepala sekolah, kita bisa lihat kinerjanya, keputusannya, dedikasinya, loyalitasnya. Dari hasil semua itu akan kelihatan kecendrungannya bukan ? Secara matang maka kita bisa putuskan seseorang itu dapat diangkat sebagai kepala sekolah.

  4. minta tlg dong..minta tips hal apa yg paling penting sebagai pegangan menjadi kpala skolah baru

  5. Jadi Kepala Sekolah baru…yang penting Visi dan Misi jangan sampai tidak diaplikasikan….lain2nya menyesuaikan.

  6. assalamualaikum, wah saya terlambat baca blog ini, bagus banget sudah ngasih sop kepsek, sangat membantu saya buat menyusun skripsi,
    tpi tolong kasih tau pak, SOP Kepsek itu yang nyusun dari mana, kemendiknas kah? tahun berapa? mohon infonya karena sangat saya butuhkan untk penyusunan skripsi,,makasih…

  7. assalamualaikum . . .misi sedot file bpak. .
    salam sukses
    , saya mw tanya bpak, klo d atas kn udh dibahas terkait pengangkatan kepala sekolah, apabila sudah sesuai prosedur peran siswa terhadap pengangkatan kepala sekolah itu sangat berpengaruh atau tidak berpengaruh? trus apakah dengan peningkatan mutu pendidikan pada sekolah tersebut dapat mempengaruhi menjadi kepala sekolah? waktu yang d tempuh untuk mencapai hal tersebut kira2 berapa tahun bapak? trus setiap sekolah atau jenjang pendidikan mempunyai peraturan2 yang berbeda? trimakasih bpak ;-)

  8. Pak kenapa saat ini kepala sekolah,selalu berhubungan dengan kepentingan politik.mau jadi kepala sekolah saja harus dari tim sukses,bagaimana Indonesia mau maju

  9. kalo boleh saya pingin minta info tentang sop seluruh management sekolah mulai dari kepala sekolah sampai tukang kebun. terima kasih. Smoga allah yang membalasnya. Amien

  10. Kalau mau jadi pimpinan harus punya sikap, kalau seperti yang yang anda utarakan saya tidak menyanggupinya.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s