” Membuat Password yang Aman “


Mungkin sebagian kita sudah tahu betul bagaimana untuk membuat sebuah password, mungkin kita tahu melalui teman, atasan, saudara, atau dari internet ( yah keduluan deh dengan info ini…hehehehe , ya udah gak apalah ).

Bagi kita yang belum tahu, kita hanya mengikuti aturan yang ada saja, contohnya : kalau kita diminta 6 karakter  maka kita menerka saja kira-kira apa yang cocok. Kadang kita mengingat tahunkelahiran kita lalu kita tambah angka 00 di depan tahun kelahiran kita itu. Bisa juga kita merekayasa nama kita menjadi  enam karakter . Artinya tanpa sadar kita hanya susun berdasarkan angka semua, atau huruf semua.

Password yang kita ciptakan seperti itu, kurang terjamin kerhasiaannya.

Di bawah ini dijelaskan cara membuat password yang aman, berikut langkah-langkahnya :

  1. Buatlah  password yang tidak berhunbungan  dengan diri anda, isteri, ank, tanggal kelahiran, warna kesukaan, bahkan binatang kesayangan anda, karena semua hal yang berhubungan atau mendekati apa yang anda sukai pasti akan dicoba  orang yang hendak mengakses data anda, cara seperti ini merupakan metoda Social Enginnering. Tapi kalau anda  membuat password ‘ gado-gado ‘ dijamin akan sulit untuk ditebak, misalnya saja  gabungan huruf besar-kecil , simbol, perpaduan huruf dan angka dengan karakter yang panjang.
  2. Untuk password , buatlah karakter panjang , misalnya saja 20 karakter  ( untuk program recovery pasasword yang trial akan susah melacaknya, kecuali  kalau anda berhasil meng-crack program tersebut ).
  3. Gunakan simbol-simbol tertentu d iluar angka dan huruf, misalnya saja penggabungan #$!()’TG@. Karakter-karakter tersebut biasanya sulit untuk ditebak.
  4. Gunakan software generate  password , maksudnya untuk merandom password atau mengenkripsi password.
  5. Jangan gunakan  password yang ada dalam kamus ( Inggris atau Indonesia ).
  6. Jangan menyimpan password pada secarik kertas, karena bisa saja setelah anda ingat passwordnya  anda membuang kertas tersebut. Tehnik sepeerti ini ada juga yang memanfaatkannya, yaitu dengan mengorek samp[ah untk mencari informasi yang bermanfaat.
  7. Hati-hati kalau anda berinternet di kantor atau di lab karena bisa saja seorang hacker sedang beraksi utnuk mencuri  password., biasanya mereka menggunakan teknik network sniffing untuk memnatau lalu lintas data yang keluar masuk jaringan, termasuk account dan password .
  8. Perhatikan juga sambugan keyboard pada komputer anda, karena bisa saja orang memasang sambungan ( keylogger pada keyboard ).
  9. Gunakan sistim  copy-paste untuk menginput  password , hal ini bisa menghindari hacking dengan keylogging.

Tiori ini juga berlaku untuk bidang lainnya.

Dikutip : Teknik_Menjebol Password,( Dominikus Juju,MataMaya Studio ),PT.Elex Media komputindo : 2008

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s