Berlatih Menyusun Proposal PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )


image014Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu metoda  penelitian yang sebaiknya harus dilakukan oleh setiap guru. Mengapa demikian ?  Melalui Penelitian Tindakan Kelas kita sebagai guru dapat menjawab persoalan yang kita hadapi dalam pelaksanaan KBM, terutama pada materi tertentu dimana seorang guru mengalami kesulitan untuk berhasil  membimbing siswa – siswinya ( Banyak yang tidak mencapai KKM ).

Bagi Anda yang sudah mendapat penddiikan tentang PTK, berikut ini saya tampilkan bagaimana menyusun proposal PTK tersebut. Bagi yang belum  yang belum mempelajarinya silahkan anda cari di blog ini artikelnya.

Oleh : DR.Kadir – Dosen UIN Jakarta.

Silahkan  download disini….!!!


18 gagasan untuk “Berlatih Menyusun Proposal PTK ( Penelitian Tindakan Kelas )

  1. Selamat pagi Bp.Dani, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Untuk saat ini saya tidak punya file mengenai ptk sd matematika kls 2. Saya yakin Bapak dapat membuatnya. Selamat mencobanya…

  2. ass..tolong bantu aku kirimin contoh proposal ptk sd kelas tiga, sebagai gambaran saya membuat ptk. trim

  3. Ya d Bu Layla…terima kasih kalau Ibu mau nyumbang tulisan atau apa untuk blog ini. Say tidak kenertan kok Bu Layla…Say tunggu ya Bu…

  4. BAGI ANDA YANG TELAH AHLI DALAM PTK MATEMATIKA, BANTU KAWAN SEPROFESI DONG AGAR GURU MATEMATIKA BISA PINTER MEMBUAT PTK DI SELUTUH INDONESIA, DAN JUGA DEMI MENGHARUMKAN NAMA GURU MATEMATIKA. TRIMKS

  5. pak, tolong informasi tentang pengumuman penulisan penelitian tindakan untuk tahun 2009
    trima kasih

  6. bisa tolong masukan beberapa contoh judul ptk biologi sma atau smp,,bisa kirim ke email saya.sebelumnya sy ucpkan trimakasih banyak

  7. pak tolong kirimkan ke email saya tentang proposal PTK matematika SD kelas 3 dan 4 dengan metode alat peraga.
    Terima kasih sebelumnya.

  8. bapak/ibu guru bermasalah dlm membuat PTK, lihat situs web http:/ptk-tidak-sulit.blogspot.com. saya ingin berbegi pemgalaman melalui buku PTK saya, atau melalui pelatihan sehari dg acara. 1. 07.30 – 10.00 identifikasi masalah-masalah pembelajaran, menemu kenali tindakan yg akan diterapkan, merumuskan judul ptk masing-masing peserta minimal 20 judul, pkl 10.30 – 15.00 masing-masing peserta menyusun dan menyelesaikan satu proposal ptk yang berbeda (bagian Bab III minus), pkl 15.30 – 17.00 menyusun ceklis observasi tindakan dan uji coba ceklis (bagian bab IV minus), dilanjutkan dg info aya yg hrs ada di bab V, sudah diujicobakan, semua bisa, cukup sekali. tolong infokan dg teman-teman guru lainnya yg butuh pemahaman mengenai PTK. (ikbal Barlian, Konsultan Peningkatan Mutu Pemebelajaran SMP Provinsi Sumatera Selatan, 2003,2004,2005,2006,2007,2008,2009, 2010 stop dulu)

Tinggalkan Balasan

