” Guru Harus Manfaatkan Teknologi Informasi “


17 Dec 2008, Semarang (ANTARA News)

Guru dituntut roy-suryo_f_665_f_322mengikuti kemajuan teknologi informasi dalam pengajaran, sehingga kualitas pendidikan kian baik.

“Guru harus tanggap teknologi dan memanfaatkanya dalam pembelajaran,” kata dosen Universitas Negeri Semarang Hartoyo dalam seminar dengan tema Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di Semarang, Selasa.

Picture By  : http://www.perspektifbaru.com/i/art/Roy-Suryo_f_665_f_322.gif


Hartoyo mengatakan, sejumlah daya dukung dalam pembelajaran adalah komputer, teknologi internet, perangkat multimedia, dan berbagai program aplikasi di dalamnya.

“Saat ini siswa sudah harus dibiasakan dengan model komputerisasi, sehingga nantinya proses interaksi tidak hanya di kelas saja, melainkan di luar kelas pun antara guru dan murid dapat tetap berkomunikasi,” katanya.

Pendapat sama disampaikan dosen Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta Agus Priyanto yang juga melihat pentingnya pengajaran dengan menggunakan teknologi.

Ia mencontohkan, tiap sekolah setidaknya harus memiliki web pribadi sebagai media informasi dan komunikasi sekolah dengan siswa.

“Siswa tidak lagi mendapatkan tugas tertulis dari guru, akan tetapi mereka mengakses tugas ataupun pekerjaan rumah (PR) melalui web site atau blog dari guru yang bersangkutan,” katanya.

Menurutnya, dengan kemajuan teknologi guru tidak lagi mengeja soal dan menuliskan pelajaran di papan tulis, akan tetapi menggunakan media presentasi LCD proyektor atau perangkat multimedia yang lain.

Mampuono, guru SMP 18 Semarang menambahkan, selain mengikuti teknologi yang maju, guru juga dituntut menghadirkan sesuatu yang menarik dalam media pembelajaranya.

“Guru harus bisa membuat multimedia interaktif yang menarik, sehingga siswa akan lebih antusias dalam pembelajaran,” katanya.

Ia mengatakan bahwa terdapat lima tahap dalam pembuatan multimedia interaktif yakni analisis kondisi pembelajaran, desain multimedia, produksi atau pembuatan media interaktif, pelaksanaan dalam pembelajaran, dan evaluasi.
(*)


Sumber:
ANTARA, 16 Desember 2008

2 thoughts on “” Guru Harus Manfaatkan Teknologi Informasi “

  1. I think 100% I have no objection of what you have written above. I do think so! Good luck and do write more and more!

  2. I think …that is good idea Sir…as long as we can…why not. I must write anything about the education…although more and more i have some mestaken, but i force making writing….thanks 4 yr sugestion Sir…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s