” Kado Natal terbaik Untuk Anak Didik “


present

Menjelang 25 Desember, bagi yang merayakannya tentu sudah mempersiapkannya jauh-jauh hari. Jelasnya bagaimana supaya 25 Desember mempunyai kesan sendiri, sehingga setiap manusia ( Iman Kristen ) menyadari bahwa Tuhan sungguh mencintai umat manusia.

Di sekolah tempat saya bertugas, pembagian rapor dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2008, kemudian dilanjutkan libur Natal dan Tahun Baru. Pada pembagian rapor tersebut para guru kelas dan wali kelas bertemu langsung dengan orang tua siswa, di kesempatan itu pulalah orang tua menerima penjelasan perkembangan/kemajuan yang telah dicapai anaknya.

Picture By :    http://www.bridalwave.tv/present.jpg


Terlepas dari pembagian rapor ( Lpaoran Nilai ) yang dilakasanakan oleh sekolah, yang menjadi pertanyaan / refleksi bagi kita pendidik sekolah adalah “ Kado Natal terbaik untuk anak didik “ yang bagaimana yang akan kita berikan ? Ada istilah “ Tiori Pareto “ yakni 20% menjadi 80%. Artinya , pada implementasi keseharian di dalam tugas ( mengajar / mendidik ) , tidak perlu melaksanakan program muluk-muluk kepada siswa. Dari sekian materi pelajaran dipetakan, mana materi esensial mana yang bukan. Nah….materi esensial tersebut yang harus kita beri ekstra perhatian. Dengan demikian siswa ( Subjek ) mendapat penekanan lebih pada materi esensial tersebut, siswa mendapat nilai lebih ( lebih intensif ).

Situasi seperti itu harus diusahakan dipertahankan oleh guru ( Tiori Kanzen ). Tidak hanya dipertahankan tetapi juga harus ada peningkatan terus-menerus . Kelihatannya tiori bangat …hehehehe..justru inilah harus menjadi budaya di sekolah kita. Adalah tugas guru membuat siswa berkembang secara optimal.

Menurut Jack Canfield dan Janet Switzer ( The Success Principles : 601 ) ketika Anda memilih melakukan pekerjaan yang mengangkat dan melayani melakukan pekerjaan yang mengangkat dan melayani, yang member orang produk serta layanan yang “ semakin bermanfaat .” Ketika semua usaha Anda dipusatkan pada memberi alih-alih menerima , Anda akhirnya akan menerima lebih banyak daripada yang pernah Anda berikan .

Apa yang dijeskan di atas ( diharapkan untuk dilkasanakan ) , inilah “ Kado Natal yang terbaik untuk Anaka Didik .” Mengenai kado untuk guru…..saya pikir cukup jelas apa yang disampaikan oleh Jack di atas. Laksanakan atau implementasikan , maka sekalian akan ditambahkan kepada mu.

Selamat Natal 25 Desember 2008 dan Tahun Baru 1 Januari 2009, semoga sukses selalu menyertai Anda.

( Villa Mutiara SalaBenda, 27 Des 2008, 18.36 wib )

4 thoughts on “” Kado Natal terbaik Untuk Anak Didik “

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s